Metode Muri-Q dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah (Studi Kasus di Rumah Tahfidz Al-Fatih Pabelan, Kartasura, Sukoharjo)
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1307Keywords:
Pembelajaran Qur’an, Metode Muri-Q, Huruf HijaiyyahAbstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana penerapan Metode Muri-Q dalam pengenalan huruf hijaiyah pada pembelajaran Qur’an di Rumah Tahfidz Al-Fatih, Pabelan, Kartasura, Surakarta. Penelitian ini dilatarbeakangi pentingnya pengenalan huruf hijaiyah dalam tahap pembelajaran Qur’an. Metode Muri-Q adalah salah satu metode praktis membaca dan menghafal dengan cara melagukan bacaan al-Qur’an sesuai tajwid. Namun teori ini tidak relevan terhadap apa yang terjadi di Rumah Tahfidz Al-Fatih, yang mana sebagian santri tidak dapat mengenal huruf hijaiyah dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerepan metode Muri-Q dalam pengenalan huruf hijaiyah di Rumah Tahfidz Al-Fatih. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Metode yang digunakan dalam pengambilan data di penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di Rumah Tahfidz Al-Fatih belum menggunakan metode Muri-Q pada seluruh pembelajaran Qur’an, namun hanya adalah dalam pembelajaran tahfidz. Metode Muri-Q yang digunakan di Rumah Tahfidz Al-Fatih efektif untuk membantu menghafal al-Qur’an, anak-anak merasa senang dan tidak cepat bosan saat menghafal karena metode Muri-Q menggunakan irama-irama yang menarik. Sedangkan dalam pembelajaran qira’ah (membaca) menggunakan metode Iqro’. Dalam pengenalan huruf hijaiyah di Rumah Tahfidz Al-Fatih tidak memasukkannya dalam perencanaan pembelajaran Qur’an, Sehingga para pengajar tidak memperkenalkan huruf hijaiyah kepada para santri. Akibatnya sebagian santri kurang dalam mengenal huruf hijaiyah.
Downloads
References
Abdul Mujib Ismail, d. M. (1995). Pedoman Ilmu Tajwid. Surabaya: Abditama.
Abdurrohim, A. L. (2003). Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung : Diponegoro.
Adhim, S. A. (2010). Nikmatnya Membaca Al-Qur’an Manfaat dan Cara Menghayati Bacaan Al-Qur’an Sepenuh Hati. Solo: Aqwam.
Al-Dhahabi, M. H. (2000). At-Tafsir wa al-Mufassiriin,. Kairo: Maktabah Wahbah.
Al-Maliki, S. M. (2001). Khasaishul Qur’an. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Al-Qattan, M. K. (2015). Studi Ilmu-Ilmu Qur’an. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa.
Al-Qusyairi, S. (tt). Kamus Akbar Arab-Indonesia Disertai Cara Membaca. Karya Ilmu.
Amin, S. M. (2017). Menyiapkan Masa Depan Anak Secara Islami. Jakarta: Amzah.
Andri Nirwana, d. (2019). Pendampingan Anak Milenial dalam Membaca Al-Qur’an dengan Metode NEURO NADI ACEH. LPPM USM, 384.
Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Isam. Jakarta: Ciputat Pers.
Arifin, M. (1996). Ilmu PendidikanIslam. Jakarta: Bumi Aksara.
az-Zuhaili, P. W. (2013). TAFSIR AL-MUNIR : Aqidah, Syari’ah, Manhaj (Adz-Dzariyat-At-Tahrim). Jakarta: Gema Insani.
Darajat, P. D. (2017). ULUMUL QUR’AN. Depok: Kencana.
Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.
Fadliyati, R. (2015). Penggunaan Media S2DLS (Sony Sugema Digital Learning System) Dalam Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Pada SMA Alfa Centauri Bandung. Bandung: repository.upi.edu.
Hammam, H. b. (2007). Perilaku nabi SAW Terhadap Anak-Anak. Bandung: Irsyad Baitussalam.
Hidayah, L. (2018). Pengaruh Metode Muri-Q (Murattal Irama Quran) Terhadap Kemampuan Menghafal Suratsurat Pendek Pada Siswa Kelas IV MI NU Krajan Kulon Kaliwungu Kendal Tahun Ajaran 2017/2018. Semarang: UIN Walisongo.
Husein, S. A. (2002). Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalahan Hakiki. Jakarta : Ciputat Press.
Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : Erlangga.
Izzan, A. (2008). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Kontjaraningrat. (2010). Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT Gramedia.
M.Dzikron. (tt). Murottal Irama Qur’an (Muri-Q).
Majid, A. (2014). Penilaian Autentik, Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Rosda Karya.
Meilani, F. D. (2021). Pembelajaran Daring Tahfidzul Quran dengan Metode Muri-Q pada Siswa Kelas 2 C Putri di SDIT Al Falaah Sambi Boyolali. Surakarta: IAIN Surakarta.
Mufattahah, D. P. (2008). Penerimaan Diri Pada Istri Pertama Poligami Yang Tinggal dalam satu Rumah . Dipetik Oktober 14, 2021, dari Gunadharma: Penerimaan Diri Pada Istri Pertama Poligami Yang Tinggal dalam satu Rumah
Muhamad Ali Mustofa K, S. S. (2017). Implementasi Quantum Tahfidz Al-Qur’an dalam Pengembangan Tahfidz Al-Qur’an Siswa SMA. Syariati: Jurnal Studi Al-Qur'an dan Hukum,, 173.
Munawwir, A. W. (2002). Kamus Al Munawwar . Surabaya: Pustaka Progresif.
Munir, M. (1997). Pedoman Lagu-lagu Tilawatil Qur’an Dilengkapi Dengan Tajwid & Qasidah. Surabaya: Apollo Lestari.
Muntahar, A. (2005). Kamus Arab-Indonesia . Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.
Nurrohim, A. (tt). Pembelajaran Al-Qur'an. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Poerwadarminta, W. (1994). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Pratiwi, A. (2017). Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Panti Asuhan Yatim Piatu Yayasan Al-Amin Diposoedarmo Kober Purwokerto Kabupaten Banyumas. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Putra, N. D. (2012). Penelitian Kualitatif : Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Raja Grafindo Perrsada.
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.
Refni, A. (2019). Huruf Muqatha'ah Thantawi Jauhari. Quranic And Tafsir Studies, 2.
Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Sari, M. (2018). Efektivitas Metode Muri-Q Pada Program Tahfidz Al-Qur’an Di SD Muhammadiyah Imam Syuhodo. Surakarta: UMS.
Shihab, M. Q. (1996). Wawasan Al-qur’an. Bandung: Mizan.
Sodik, S. S. (2015). Dasar Metodologi Peneliian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Soedarsono. (2001). Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2001.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif Analisis Data. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, dan R&D), . Bandung: Alfabeta.
Suharismi, A. (1995). Dasar-Dasar Research. Bandung: Tarsoto.
Suharsimi Arikunto, d. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosydakarya.
Sumianto, E. (2013). Mahir Murattal Muri-Q (Murattal Irama Qur’an). Kartasura: Ashabul Qur’an.
Suryabrata, S. (1998). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenademedia Group.
Tekan, I. (2005). Tajwid Al-Qur’anil Karim. Jakarta: Pustaka al-Husna Baru.
Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualittif alan Pendidikan Bimbingan dan Konseling; Pendekatan Praktis untuk Peneliti Pemula dan Dilengkapi dengan Contoh Transkrip Hasil Wawancara Serta Model Penyajian Data. Jakarta: Rajawali Pers.
Wirdatul Istiqomah, d. (2020). “Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Program T-ULC (Tahfidz Ummi, Tahfidz Lds, Dan Tahfidz Camp) Di Sekolah Dasar Islam Al-Ghaffaar Kecamatan Dau Malang Jawa Timur”. UII Malang, 3.
s
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aldila Luthfiana Rahmadewi, Yeti Dahliana, Chusniatun, Mahasri Shobahiya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.