Mengolah Sampah Menjadi Berkah: Penanaman Profil Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Di SDI Tanjungsari Blitar

Authors

  • Irma Fauziah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.2162

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Gaya Hidup berkelanjutan, SDI Tanjungsari Blitar

Abstract

Kurikulum Merdeka terbentuk atas struktur kurikulum intrakurikuler, kurikulum kokurikuler dan kurikulum ekstrakurikuler. Kurikulum kokurikuler atau yang disebut dengan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya penanaman karakter yang lebih terstruktur diantaranya dengan penentuan alokasi waktu 20% dari keseluruhan total jam pelajaran. SDI Tanjungsari Kota Blitar adalah salah satu sekolah yang telah melaksanakan P5 yaitu untuk kelas 1 dan 4. Penelitian ini bertujuan untuk menggali kemudian menggambarkan pelaksanaan P5 yang telah dilaksanakan yaitu pada tema Gaya Hidup Berkelanjutan yaitu “Mengolah sampah menjadi Berkah” serta dampaknya bagi peserta didik. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pengolahan sampah di SDI Tanjungsari Kota Blitar meliputi 1) pembentukan tim fasilitator P5 yang, 2) perencanaan dan penyusunan timeline jadwal P5, 3) sosialiasasi P5 kepada wali murid, 4) pelaksanaan P5, 5) evaluasi P5. Adapun pelaksanaan kegiatan P5 membawa dampak baik bagi peserta didik yaitu pengetahuan yang konkrit, tercipta karakter gotong royong, tanggung jawab dan kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R. (2018). Model of Learning Empowerment-Based Curriculum 2013 in Elementary School. Educational Review: International Journal, 15(2), 176- 193.

Ananta, T., & Sumintono, B. (2020). The Implementation of the Merdeka Curriculum in Indonesian Primary Schools. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(5), 673-679.

Anisah, Rizky. Msy. Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Dalam Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). (2025). Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(1), 501-510.

Badan Standar, Kurikulum dan Asessmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Jakarta.

Dedy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya), Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004, hlm. 160

Dewi Sadiah, 2015. Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, (Bandung; PT Remaja Rosdakarya)

Hanif, Moh. 2023. Strategi Membangun Sinergi Sekolah Dengan Masyarakat Dalam Pengimplementasian Kurikulum Merdeka Belajar Dan Mewujudkan Sekolah Penggerak. Jurnal Pendidikan berkarakter, 1(6), 305-320

Hartutik, H., Astuti, A., Priyanto, A. S. ., & Jelahu, T. T. (2023). Rancangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bagi Sekolah Dasar Marsudirini Gedangan Semarang. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 420-429. https://doi.org/10.37478/abdika.v3i4.3329

Hastiani, dkk. (2023). Sosialisasi Pentingnya Kolaborasi Orang Tua dalam mendukung Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jurnal Pengabdian Multidisiplin. 3(1).

Ikhlas, N., Hariyati, N., & Khamidi, A. (2025). Pengorganisasian Guru dalam Mendukung Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 80-93. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5234

Mardawila Adha Anjeli, Afif Putra Nazwan, Novita Juliana Sari Indah, Sasminelwati, and Misra. 2024. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mata Pelajaran PAI Di SD Negeri 15 Koto Lalang”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (4):1793-1802. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1225.

Nabila, N. H., Fatharani Zahrah, & Santoso, G. (2022). Penanaman Karakter Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(2), 39–50. https://doi.org/10.9000/jpt.v1i2.459 (Original work published October 8, 2023)

Nabila, W., Encep Andriana, & Rokmanah, S. (2023). KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2865 - 2874. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2164

Nurviana Kummalasari Zahrotun Nisa', (2023). Manajemen Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN 2 Cakranegara, Inspirasi Manajemen Pendidikan, 11(2), 515-525

Prihatini, 2023. Evaluasi Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasil (P5) Sebagai Upaya Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Inspirasi Manajemen Pendidikan

Putri, Firani,. Dkk. (2023). Mengukur Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran: Telaah Evaluasi Formatif Dan Sumatif Dalam Kurikulum Merdeka. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(4). 172-180

Ruhban Masykur, Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum (Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja, 2019)., h. 16

Safitri, R (2023). Implementasi P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan: 11(2)

Syarifah Iskandar, Sandra (2025). Peran orang tua dalam mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, (9)1, 1464-1473

Sari, N. Y., Sinaga, D. ., & Nainggolan, J. (2024). PERKEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA DI INDONESIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2199–2205. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25281

Downloads

Published

2025-03-29

How to Cite

Irma Fauziah. 2025. “Mengolah Sampah Menjadi Berkah: Penanaman Profil Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Di SDI Tanjungsari Blitar”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 11 (1):441-51. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.2162.

Issue

Section

Articles