Praktik Pengembangan Kurikulum di Indonesia sebagai Reflaksi dalam Upaya Pengembangan Kurikulum Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1278Keywords:
Pengembangan Kurikulum, Pengembangan Kurikulum di Indonesia, Upaya Pengembangan Kurikulum PendidikanAbstract
Artikel ini membahas tentang sejarah serta praktik pengembangan kurikulum yang terjadi di Indonesia selama 78 tahun merdeka. Pentingnya kajian tentang praktik pengembangan kurikulum di Indonesia ini adalah untuk melihat dan menganalisa pengembangan kurikulum yang terjadi di Indonesia sebagai upaya untuk mengembangkan kurikulum pendidikan, khususnya dalam satuan pendidikan atau sebuah lembaga pendidikan. Metode penelitian yang penulis gunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif kajian pustaka (library research). Objek kajian terletak pada sejarah dan praktik pengembangan kurikulum di Indonesia. Harapan dari penelitian ini adalah kesadaran akan pentingnya pengembangan kurikulum pendidikan yang harus dilaksanakan oleh satuan pendidikan di era Kurikulum Merdeka. Pengembangan kurikulum pendidikan harus didasarkan pada aspek sosial kemasyarakatan dan beberapa faktor yang mempengaruhinya tanpa mengesampingkan hal-hal yang berkaitan dengan proses pengembangan kurikulum pendidikan. Harapannya, proses pendidikan dalam satuan pendidikan dapat terlaksana secara baik untuk mewujudkan manusia yang berkualitas dan dapat mengikuti arus perkembangan globalisasi.
Downloads
References
Agus, and Yusuf, R. (2022). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Solok: Insan Cendikia Mandiri.
Alhamuddin, A. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nur El-Islam, 1(2), 48–58.
Arikunto, S. (1997). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asfiati. (2016). Pendekatan Humanis dalam Pengembangan Kurikulum (I). Medan: Perdana Publishing.
Aslan, and Wahyudin. (2020). Kurikulum dalam Tantangan Perubahan. Medan: Bookies Indonesia.
Baedhowi, B. (2016). KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP): KEBIJAKAN DAN HARAPAN. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(65), 171–181. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i65.323
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, and Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Fauzan, and Arifin, F. (2022). Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21 (1st ed.). Jakarta: Kencana.
Hamalik, O. (2009). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Huliatunisa, Y. (2022). Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar. Sukabumi: CV Jejak.
Idi, A. (2007). Pengembangan Kurikulum. Teori Dan Praktik.
Insani, F. D. (2019). SEJARAH PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA SEJAK AWAL KEMERDEKAAN HINGGA SAAT INI. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43–64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132
Kemendikbud RI. (n.d.). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka.
Kertati, I., Harsoyo, Pratomo, S., Sancono, B. A. W., Daeni, M., Widyastomo, R. P., … Wirasati, W. (2023). Implementasi Kebijakan Publik (dari Hulu ke Hilir) (Efitra, Ed.). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lismina. (2018). Pengembangan Kurikulum di Sekolah dan Perguruan Tinggi (I). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71–94. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94
Maula, I., Awe, E. Y., Azhari, J. F., Fitriana, E., Fahmi, I., Nasution, R., and Qodat, A. (2021). Kurikulum Pendidikan. Pasaman Barat: CV Azka Pustaka.
Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi (B. S. Fatmawati, Ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhalim, M. (2018). Analisis Perkembangan Kurikulum di Indonesia (Sebuah Tinjauan Desain Dan Pendekatan). INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(3), 339–356. https://doi.org/10.24090/insania.v16i3.1597
Rusdianah, L., and Nurdiansyah, N. (2020). Analisis Kurikulum Berdasarkan Kebijakan. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 9(2), 68–89.
S. Nasution. (2006). Asas-asas Kurikulum. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenadamedia Group.
Saputra, M., Nazaruddin, Na’im, Z., Syahidin, Nugroho, P., Maula, I., … Dahniar. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Rusnawati, Ed.). Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sukmadinata, N. S. (2011). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya.
Suratno, J., Sari, D. P., and Bani, A. (2022). Kurikulum dan Model-model Pengembangannya. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(1).
Wahyuni, F. (2015). Kurikulum dari masa ke masa (telaah atas pentahapan kurikulum pendidikan di Indonesia). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 10(2), 231–242.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Rifqi Zam Zami, Ma’ruf Syifa’udin, Roshifah Jauhari, Sari Hernawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.